Rabu, 16 November 2011

Materi pertemuan 3_Teknologi Pendidikan sebagai pendekatan teori

Teknologi Pendidikan sebagai pendekatan Teori

   Pendidikan dapat kita lihat dari dua sisi yaitu pendekatan teori dan praktik. Pendekatan teori adalah seperangkat pengetahuan yang telah tersusun secara sistematis yang berfungsi untuk menjelaskan, menggambarkan, meramalkan dan mengontrol berbagai gejala dan peristiwa pendidikan, baik yang bersumber dari pengalaman-pengalaman pendidikan (empiris) maupun hasil perenungan-perenungan yang mendalam untuk melihat makna pendidikan dalam konteks yang lebih luas. sedangkan pendekatan praktik adalah seperangkat kegiatan atau aktivitas yang dapat diamati dan disadari dengan tujuan untuk membantu pihak lain (baca: peserta didik) agar memperoleh perubahan perilaku. 
   Dari kedua pendekatan tersebut merupakan dua komponen yang tidak dapat dipisahkan dan saling terkait. pendekatan tersebut dapat dikelompokkan sebagai berikut, pendekatan teori dibagi menjadi;(1) pendekatan sains; (2) pendekatan filosofi; dan (3) pendekatan religi. (Uyoh Sadulloh, 1994). pendekatan sains ini nanti akan berkaitan dengan suatu pengkajian pendidikan untuk menelaah dan dan memecahkan masalah-masalah pendidikan dengan menggunakan disiplin ilmu tertentu sebagai dasarnya. Pendekatan filosofi adalah suatu pendekatan yang menelaah dan memecahkan masalah yang berhubungan dengan filsafat. sedangkan pendekatan religi adalah suatu pendekatan yang berdasarkan pada ajaran agama yang  pokok atau  dasar.
   Sedangkan pendekatan praktik nanti akan berkaitan secara langsung dari proses pembelajaran yang berlangsung dalam keadaan nyata yang sedang terjadi. Oleh sebab itu, pendidikan merupakan hal yang mutlak harus kita kerjakan secara terus menerus dalam kegiatan secara kontinue. baik dilingkungan formal, non formal maupun informal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar